Institut Kesehatan (Inkes) Medistra Lubuk Pakam dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Control System/Robotic Automation Society (CSS/RAS) Joint Chapters melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang sidang rektorat lantai 2, Rabu (12/2).
Kerjasama itu, IEEE CSS/RAS akan melakukan pembimbingan, pelatihan, dan pendampingan dalam penulisan publikasi internasional, penelitian, dan International Conference Management (ICM).

Tanda tangan MoU dilakukan oleh Rektor Institut Kesehatan (Inkes) Medistra Lubuk Pakam Drs. David Ginting, M.Pd, M.Kes didampingi Wakil Rektor I Rahmat Gurusinga, S.Kep, Ns, M.Kep dan Wakil Rektor II Sri Melda Bangun, SKM, M.Kes dengan Chair of IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapters Arjon Turnip, Ph.D.

Rektor Inkes Medistra Lubuk Pakam Drs. David Ginting, M.Pd, M.Kes mengatakan, bahwa kehadiran Arjon Turnip, Ph.D yang merupakan chair of IEEE Indonesia CSS/RAS di lingkungan Inkes Medistra telah memberikan peningkatan yang cukup signifikan bagi para dosen, baik dalam penelitian maupun dalam penulisan publikasi Internasional. “Hal itu terbukti dari capaian Medistra yaitu 41 accepted internasional papers dan 12 accepted proposal dari per Februari 2020,” ulasnya.

David Ginting berharap agar keberhasilan tersebut terus dilanjutkan, di antaranya dengan meningkatkan jumlah proposal yang didanai pemerintah dan jumlah publikasi Internasional dengan kualitas Q1.
Untuk tujuan tersebut David Ginting meminta Wakil Rektor I Rahmat Gurusinga, S.kep, Ns, M.Kep agar mempersiapkan kegiatan Internasional Conference pada bulan November 2020.

Sementara, Chair of IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapters Arjon Turnip, Ph.D menjelaskan, IEEE adalah asosiasi profesional peneliti terbesar dan tertua di dunia yang didedikasikan untuk memajukan teknologi inovatif dan unggul untuk kepentingan kemanusiaan.

“Dengan mempublis karya ilmiah di IEEE akan meningkatkan kemungkinan paper kita dibaca dan disitasi oleh para peneliti lainnya. Oleh karena itu Arjon mengajak para dosen untuk mempublikasi hasil-hasil penelitiannya di IEEE,” tegasnya.

Tak lupa, Arjon juga mengajak para dosen untuk mendaftar sebagai anggota IEEE dengan keuntungan mendapatkan diskon maksimum untuk setiap kali submit ke IEEE.
Pada kesempatan yang sama, IEEE Indonesia CSS/RAS juga melakukan tandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan 4 fakultas yang ada di Inkes Medistra, yaitu Farmasi, Keperawatan dan Fsioterapi, Kebidanan, dan Kesehatan Masyarakat.

MoA ditanda tangani Arjon Turnip, Ph.D sebagai Chair IEEE CSS/RAS dengan masing-masing dekan fakultas terkait, yakni, Romauli Anna Teresia Marbun, S.Farm, M.Si (Dekan Farmasi), Kuat Sitepu, S.Kep, Ns, M.Kes (Dekan Keperawatan dan Fisioterapi), Desideria Yosepha Ginting, S.S.iT, M.Kes (Dekan Kebidanan), Reni Aprinawaty Sirait, SKM, M.Kes (Dekan Kesehatan Masyarakat). Serta hadir seluruh dosen Inkes Medistra dari semua fakultas.

INKES Medistra Lubuk Pakam MoU dengan IEEE Indonesia CSS/RAS Joint Chapters